Home » » Cara Mengaktifkan akun OpenID di Blogger

Cara Mengaktifkan akun OpenID di Blogger

Cara Mengaktifkan  akun OpenID di Blogger




Walaupun sekarang lagi UAS atau ulangan akhir semester, tidak menyurutkan saya untuk menulis post ini, haha.. munkin orang lain menyebut saya kecanduan Internet atau apalah, sebenernya bukan, itu karena saya suka menulis dan jika sudah menemukan bahan tulisan, ya sudah tidak bisa ditahan-tahan lagi, langsung buka blogger. Ngomong-ngomong tentang topik postingan kali ini, saya akan menerangkan tentang Pengertian dan cara mengaktifkan OpenID.

Pengertian dan seluk beluk OpenID :D

Jujur saja, saya baru tau sore ini tentang OpenID. Berawal dari keingintau-an saya tentang openID. OpenID itu adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna (user) untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama. Dengan kata lain, OpenID sama dengan login umum seperti username dan password.

open_id
Walaupun komentar di sebuah blog nofollow, kalo anda berkomentar dengan OpenID, tetap saja blog anda akan mendapatkan backlink dari blog yang anda komentari. Jadi OpenID berfungsi untuk mendapatkan backlink dari sebuah blog dan juga berfungsi sebagai pengganti Name/URL (pilihan komentar, karena banyak blogger yang tidak memasukan fungsi ini).
Bagi anda blogger ataupun webmaster, jika anda ingin memberikan backlink (tempat backlink) di sistem komentar blog anda, tidak perlu menambahkan Name/URL pada sistem komentar. Karena dengan menambahkan Name/URL, anda juga secara otomatis memasukan fungsi anonymous (tanpa nama). 
--> Cara Menambah Name dan Url pada Komentar Blog

Banyak efek negatif dari fungsi anonymous (tanpa nama) seperti banyaknya spammer, seperti halnya yang terjadi pada blog ini. Banyak anonymous user yang berkomentar memakai bahasa Inggris dan memasukan link aktif didalamnya dan link aktif tersebut menuju ke blog / website perjudian dan sebagainya.

Pembahasan Topik "OpenID"

Nah sekarang mari kita menuju ke topik pembahasan tentang bagaimana cara mengaktifkan OpenID di blogger, karena dengan OpenID ini kita memiliki keuntungan seperti yang telah sebutkan di atas. Berikut ini cara pembuatan dan pengaktifan OpenID :
  • 1. Mengetahui OpenID anda
OpenID bisanya merupakan alamat website atau blogger. Misalnya: http://ujangyoyo.blogspot.com. Kalau anda telah berganti domain dari blogger menggunakan alamat domain berbayar seperti .com .co.id .net dan sebagainya, alamat tersebut pula lah yang digunakan untuk OpenID. Untuk mengetahui secara pasti alamat OpenID anda, masuk ke blogger -> setting -> other -> OpenIDDi situ tertulis alamat OpenID anda, jadi kalau ingin berkomentar mengunakan OpenID, alamat tersebut yang di gunakan.


  • 2. Cara mengaktifkan OpenID Blogger.
Setelah mengetahui OpenID kita, selanjutnya kita harus memasukan sebuah kode ke dalam template blog kita. Jika tidak, saat anda mengetik sebuah komentar dengan OpenID akan muncul tulisan "Your OpenID Credentials Could Not be Verified" Intinya kita perlu memverifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita, berikut kode yang dibutuhkan
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://ujangyoyo.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Simpan kodenya dibawah <head>. Ganti Ujangyoyo.blogspot.com dengan alamat blog anda.


OpenID_verifikasi

Setelah itu, coba untuk berkomentar dibawah. Gunakan menggunakan OpenID dan masukan alamat openID anda. Lalu akan muncul gambar notifikasi seperti gambar dibawah ini. Maka anda bisa memilih yes, always agar notifikasi tersebut tidak muncul kembali apabila menggunakan OpenID yang sama.

OpenID


  • 3. Mendaftar OpenID selain di blogger
Anda juga dapat membuat OpenID selain di blogger, contohnya : Yahoo, AOL, Verisihn, Livejournal, Wordpress, myOpenid dan lain sebagainya. Tentunya dengan mendaftar terlebih dahulu ke website tersebut

Last Words

Bagaimana? sangat mudah sekali bukan? Jadi kesimpulannya, backlinks memang sangat berpengaruh untuk mendongkrak rangking blog, baik alexa rank atau google page rank. Tetapi anda jangan sembarang membuat backlink. Carilah website atau blog yang sudah mempunyai page rank gede dan artikelnya tanpa copy paste. 
Credits : http://ujangyoyo.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-cara-mengaktifkan-openid.html


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Cara Mengaktifkan akun OpenID di Blogger
--
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah G +1 Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Trimakasih

26 comments:

  1. mantap... makasi tutornya
    mampir juga ke blogku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. okelah kalo begitu (y)

      btw, mana blognya -_-a

      Delete
  2. terima kasih gan.. saya jadi tau apa itu openID.. :D

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali artikel nya gan.. terima kasih

    ReplyDelete
  4. kunjungi juga blog saya om http://puballattack.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. patut diberi jempol ni :D (y)
    kunbal ya gan .

    http://antek-it.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Gampang dipahamin bahasanya tutorialnya juga JOSS

    ReplyDelete
  7. gampang banget sob, di coba dlu
    salm knal

    ReplyDelete
  8. akhirnya ketemu juga thx gan untuk sharenya ijin nyoba ia

    ReplyDelete
  9. mantap tapi ane blom pernah nyoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. patut di coba gan, buat nambah" backlink saat kita blogwalking :D

      Delete
  10. thanks atas infonya gan, sgt bermanfaat...

    ReplyDelete
  11. nice post lho, patut banget dicoba :D

    ReplyDelete
  12. Nice post sob, salam kenal ya :)
    mampir + comment balik sob

    ReplyDelete
  13. ane udah aktiv gan mantab tutor nya

    ReplyDelete
  14. mantap eh gan, langsung di coba

    ReplyDelete
  15. bermanfaat, dalam pak.

    ReplyDelete
  16. saya barusan melakukan langkah2 diatas tapi waktu coba komentar dengan openid di blog agan ni ada pesan kesalahan
    mohon pencerahannya ...

    ReplyDelete

banner ads banner ads banner ads banner ads