Home » » Penjelasan Tentang Perbedaan Anime & Kartun

Penjelasan Tentang Perbedaan Anime & Kartun

Penjelasan Tentang Perbedaan Anime & Kartun
Penjelasan Tentang Perbedaan Anime & Kartun

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara kartun dan anime. Walaupun dari segi tampilannya sama-sama berupa animasi, namun kartun dan anime sangan jauh berbeda.Mungkin di beberapa forum atau grup masih ada aja orang yang memperdebatkan antara Anime dan Kartun. 

Beberapa ada yang bilang berbeda, dan ada yg mengatakan sama-sama berbentuk animasi, bahkan karena perdebatan ini malah jadi memicu flaming di dalam grup atau forum. Nah pada kali ini ane bakal meluruskan pengertian tentang anime dan kartun tersebut.Kartun dalam hal ini bisa disebut animasi, begitu juga dalam anime. 

Dan anime sendiri adalah kata yg berasal dari Jepang yang berarti “Animation” atau animasi. Dan dalam kesamaan itu lah salah satu inti dimana perdebatan cyber terjadi. Dan kali ini ane bakal menjelasin perbedaan antara kedua kata tersebut. 

Coba buka mata lebar-lebar dan perhatikan orang-orang sekeliling! Justru orang-orang yang menyukai Naruto adalah mereka yang sudah dalam kategori bukan anak-anak! Buktinya saya bergabung dalam suatu forum yang isinya adalah mereka yang merupakan penggemar dari film tersebut dan isinya? Saya bahkan menemukan orang-orang yang seumuran saya bahkan lebih tua di atas saya !

See? Bagaimana kalau orang-orang itu mendengar komentar semacam tadi?. Nah, Sekarang biar saya jelaskan, dari segi apa anda mengatakan kalau anime dan kartun itu sama ?

Contoh perbedaan anime dan kartun

  1. Dari segi cerita, Anime lebih rumit dan lebih sulit dibayangkan kejadian selanjutnya, karena kemungkinan si tokoh utama berhasil hanya 50:50, bandingin dengan kartun, Ada orang baik melawan orang jahat, orang jahatnya kalah, orang baiknya menang, seluruh tokoh bersuka ria. Begitulah. Terlalu monoton.
  2. Anime adalah sebuah film animasi yang diangkat dari novel atau komik, kalo kartun, ada beberapa yang diangkat dari komik, tapi biasanya ceritanya seri. Selebihnya kartun dibuat berdasarkan khayalan si pembuat.
  3. Cara penggambaran anime beda sama cara penggambaran atau style gambar kartun, gw susah ngejelasin apa yang beda, untuk contoh kita liat gambar ini aja. Ini tokoh kartun (Bukan anime yaaa..) Adventure Time yang diubah ke anime mode. Beda banget. Finn-nya ganteng...
  4. Tokoh utama sebuah anime adalah manusia (Paling nggak bentuknya manusia), kalau kartun terkadang manusia, hewan, tumbuhan, atau benda mati.
  5. Anime selalu digambar manual, sedangkan kartun kadang digambar manual, kadang pake komputer.
  6. Biasanya background di film anime lebih real dibandingkan background di film kartun.
  7. Disadari atau tidak, kartun sebenarnya lebih sadis dibandingkan anime. Tapi itu dari segi aksinya, bukan dari segi gambarnya. Misalnya gini-biar nggak bingung-, kartun Tom and Jerry memuat banyak aksi sadisme, kayak muka dipukul teflon, ketimpa piano, lehernya kecekik pinggiran meja, atau selangkangan Tom yang ngebelah pohon, tapi sedikit banget gambar kekerasan kayak darah atau semacamnya.
  8. Daya ketidakrealistisan dalam film kartun lebih tinggi daripada anime, tapi daya kretivitas anime lebih tinggi daripada kartun.
  9. Kartun berasal dari Amerika atau Eropa, sedangkan anime dari Jepang.
  10. Dalam tekhnik pewarnaan dan detail, anime lebih unggul.
  11. Alur cerita Anime lebih rumit dibandingkan alur cerita Kartun.
Ya, kartun biasanya menceritakan tentang orang baik yang melawan orang jahat. Anime juga demikian, namun dalam anime prosesnya berjalan secara lebih rumit. Dalam kartun, penonton dapat melihat secara jelas pola plot baik vs jahat. Sedangkan dalam anime, walaupun memiliki kesamaan plot, namun terkadang penonton sulit untuk memprediksi jalan ceritanya. Sehingga tak jarang pula penonton memihak kepada pihak yang berperan sebagai 'jahat'. dan saya juga biasanya lebih suka memihak pada yang jahat.

Kartun biasanya hanya sebagai hiburan belaka, sedangkan anime selain sebagai hiburan juga dapat memaksa kita berpikir "mengapa hal itu terjadi?". Bahkan banyak pula para penggemar anime tertentu yang mencari-cari informasi dari berbagai sumber mengenai suatu kejadian yang terjadi dalam anime itu yang bahkan belum pernah diungkap dalam alur cerita yang sesungguhnya. 

Dalam hal ini kita ambil contoh yang umum saja, bagi anda yang pernah mengikuti alur cerita Naruto pasti mengetahui tentang peristiwa pembantaian klan Uchiha bukan? Banyak orang-orang yang mencari informasi tentang ini bahkan berusaha menarik kesimpulan sendiri tentang latar belakang seorang Madara Uchiha yang katanya merupakan dalang dibalik pembantaian tersebut.


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Penjelasan Tentang Perbedaan Anime & Kartun
--
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah G +1 Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Trimakasih

3 comments:

  1. ane pencinta anime bro!!

    nice share...

    ReplyDelete
  2. Ane juga suka anime gan !! Terutama one piece !!

    ReplyDelete
  3. Ane jga sama gan... ane suka Shingeki no kyojin

    ReplyDelete

banner ads banner ads banner ads banner ads